Mari Berpetualang ke Berbagai Museum Kereta Api di Indonesia

Mari Berpetualang ke Berbagai Museum Kereta Api di Indonesia

Apakah Anda termasuk orang yang rutin berlibur ketika punya waktu senggang?

Pergi berlibur akan membuat Anda merasa lebih rileks dan kreatif. Produktivitas Anda pun akan meningkat setelah pulang berlibur. Anda tinggal memesan tiket kereta online jika ingin pergi berlibur ke luar kota. Banyak sekali tempat menarik yang bisa Anda singgahi ketika berlibur di luar kota.

Jangan hanya mengunjungi tempat kekinian sewaktu berlibur. Anda juga bisa merasakan pengalaman seru ketika singgah ke museum. Beberapa museum kereta api populer berikut ini bisa menjadi destinasi wisata yang tepat bagi Anda:

Museum Kereta Api Jakarta

Museum kereta api yang satu ini sangat mudah diakses oleh masyarakat di kawasan Jabodetabek. Museum Kereta Api Jakarta terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Di museum kereta api yang satu ini, terdapat koleksi kereta api tahun 1970-an hingga 1980-an yang masih terawat dengan baik.

Ada 24 lokomotif uap dan diesel yang dipamerkan di Museum Kereta Api Jakarta. Salah satu yang paling istimewa adalah Kereta Luar Biasa (KLB) yang dulu digunakan oleh Presiden Soekarno beserta rombongannya. Kehadiran Museum Kereta Api Jakarta menjadi daya tarik tersendiri di Taman Mini Indonesia Indah. Terutama bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan mengenai perkembangan kereta api di Indonesia.

Museum Kereta Api Bandung

Museum Kereta Api Bandung juga dikenal dengan sebutan Graha Parahyangan. Banyak sekali koleksi foto kereta api sejak zaman kolonial Belanda yang terdapat di museum ini. Anda juga bisa melihat berbagai benda bersejarah lainnya seperti mesin pembuat karcis kereta, mesin pencetak nomor karcis kereta, telepon kayu, dan masih banyak lagi. Walaupun tidak bisa menemukan koleksi lokomotif di museum ini, sensasi suasananya tak kalah dengan suasana museum kereta api yang lain.

Museum Kereta Api Bondowoso

Beriwsata ke kawasan Bondowoso rasanya belum lengkap jika Anda tidak mampir ke Museum Kereta Api Bondowoso. Ada berbagai koleksi lokomotif dan gerbong bernuansa vintage yang mirip seperti koleksi museum kereta api lainnya. Salah satu kisah yang paling istimewa di Museum Kereta Api Bondowoso adalah keberadaan “gerbong maut”. Satu gerbong tersebut digunakan pihak Belanda untuk menawan 100 orang pejuang Indonesia dalam perjalanan dari Bondowoso ke Surabaya. Selama perjalanan 16 jam, para pejuang disiksa pelan-pelan karena keterbatasan udara untuk bernapas dan tanpa makanan sama sekali. Akhirnya, semua pejuang yang ada di gerbong tersebut tewas secara mengenaskan di dalam gerbong.

Museum Kereta Api Sawahlunto

Pada awalnya, museum ini merupakan stasiun kereta api yang masih beroperasi hingga tahun 2005. Namun, kereta yang beroperasi jumlahnya hanya sedikit sehingga stasiun tersebut akhirnya diubah menjadi museum. Ada banyak koleksi di Sawahlunto yang menarik untuk diamati, seperti gerbong dan lokomotif uap. Selain itu, ada pula alat-alat sinyal untuk berkomunikasi, miniatur lokomotif, foto-foto hasil dokumentasi, lonceng penjaga, dan benda-benda lain yang berhubungan dengan kereta api.

Museum Kereta Api Ambarawa

Di kawasan Jawa Tengah, ada Museum Kereta Api Ambarawa yang menjadi destinasi wisata populer. Museum kereta api ini awalnya adalah sebuah stasiun besar yang kemudian dialihfungsikan karena tidak digunakan lagi. Uniknya, Museum Kereta Api Ambarawa memiliki paket wisata dengan kereta lokomotif uap bagi para pengunjungnya. Rute reguler kereta lokomotif uap tersebut akan melintasi kawasan Ambarawa-Tuntang pulang pergi.

Berwisata ke museum kereta api akan memberikan pengalaman baru yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Jadi, jangan lupa singgah ke beberapa museum kereta api tersebut ketika Anda berlibur di sekitarnya.

Share this post

Post Comment